Rabu, 27 Oktober 2010

Topik,Judul dan Tema

I.Topik
dlm bahasa yunaninya topoi adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan .Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan.Topik yang masih awal tersebut, selanjutnya dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas.Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yakni mampu menjawab pertanyaan akan masalah apa yang hendak ditulis.Ciri utama dari topik adalah cakupannya atas suatu permasalahan msih bersifat umum dan belum diuraikan secara lebih detail.

Topik biasanya terdiri dari satu satu dua kata yang singkat, dan memiliki persamaan serta perbedaan dengan tema karangan. Persamaannya adalah baik topik maupun tema keduanya samasama dapat dijadikan sebagai judul karangan.Sedangkan, perbedaannya ialah topik masih mengandung hal yang umum,sementara tema akan lebih spesifik dan lebih terarah dalam membahas suatu permasalahan.

II.Judul
adalah nama yang dipakai dalam sebuah buku,bab, kepala berita, dan sebagainya. . Dalam artikel judul sering disebut juga kepala tulisan.Judul hendaknya dibuat dengan ringkas, padat dan menarik.
syarat-syarat pembuatan judul:
1. Harus relevan, yaitu harus mempunyai kesamaan dengan temanya, atau ada pertalian dengan beberapa bagian penting dari tema tersebut.
2. Harus provokatif, yaitu harus menarik dengan sedemikian rupa sehingga menimbulkan keinginan tahu dari tiap pembaca terhadap isi buku atau karangan untuk membacanya
3. Harus singkat, yaitu tidak boleh mengambil bentuk kalimat atau frasa yang panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangklaian kata yang singkat.



III.Tema
Tema berasal dari bahasa Yunani “thithenai”, berarti sesuatu yang telah diuraikan atau sesuatu yang telah ditempatkan adalah sesuatu yang menjadi pokok masalah dalam cerita. Dalam tema tersirat amanat dan tujuan pengarang menulis cerita.

syarat-syarat tema yg baik adalah sebagai berikut;
1. Tema dibatasi ruang lingkupnya.
2. Tema dikenal/diketahui dengan baik.
3. Tema dibatasi ruang lingkupnya.
4. Tema menarik perhatian penulis.








sumber:
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100915212901AAGGXj8

http://www.penulissukses.com/penulis38.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar