Jumat, 22 Oktober 2010

KALIMAT EFEKTIF

Kalimat efektif adalah kalimat yang berhasil menyampaikan suatu pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis.
Kriterieanya adalah sebagai berikut memiliki struktur yang benar, pilihan katanya tepat, hubungan antarbagiannya logis, dan ejaannya pun harus benar.

Syarat-syarat dari kalimat efektif:
A.Koherensi
adalah hubungan timbal-balik yang baik dan jelas antara unsur-unsur (kata atau kelompok kata) yang membentuk kalimat itu.

B.Kesatuan
adalah kesatuan kalimat bisa dibentuk jika ada keselarasan antara subjek - predikat, predikat – objek, dan predikat – keterangan.contoh Rakyat Indonesia menginginkan keamanan, kesejahteraan, dan kedamaian.

C.Kehematan
adalah hubungan jumlah kata yang digunakan dengan luasnya jangkauan makna yang diacu.Yang terpenting adalah seberapa banyakkah kata yang bermanfaat bagi pembaca atau pendengar. Dengan kata lain, tidak usah menggunakan belasan kata, kalau maksud yang dituju bisa dicapai dengan beberapa kata saja.
Untuk penghematan kata-kata hal-hal berikut perlu diperhatikan.
a. Mengulang subjek kalimat
b. Hiponim dihindarkan
c. Pemkaian kata depan ‘dari’ dan ‘daripada’.

D.Kepararellan
adalah enggunaan bentuk-bentuk bahasa yang sama atau konstruksi bahasa yang sama yang dipakai dalam susunan serial

E.Penekanan
adalah gagasan pokok atau misi yang ingin ditekankan oleh pembicara biasanya dilakukan dengan memperlambat ucapan, melirihkan suara, dan sebagainya pada bagian kalimat yang dibuat.

F.Kevariasian
adalah adalah untuk menghindari kebosanan dan keletihan saat membaca, diperlukan variasi dalam teks. Ada kalimat yang dimulai dengan subyek, predikat atau keterangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar