Rabu, 31 Maret 2010

komentar untuk web : http://www.worldwidestore.com/

web dimana beisi tentang benda2 antik atau pun benda kuno yang di temukan di belahan dunia manapun.Ada pun isinya antara lain sbb:harta benda perhiasan kuno dan artifak dari mesir.artifak tembikar yunani
ada banyak yang lainnya.Webnya sendiri lumayan bgs tp sepertinya kurang menarik karena kurang ada informasi yang detail

yang ke dua adalah web: http://www.delta.com/
Design webnya cukup bagus dan menarik.Dan juga banyak informasi yang baik tentang travel atau perjalanan beserta tempat2 di belahan dunia yang bisa di kunjungi.Istimewanya web ini juga memberikan info ke pembaca bahawa ada pelayanan secara online.Web ini sangat komunikatif sekali menrut saya.

yang ke tiga web :http://santafean.com/
Web yang cukup memaparkan informasi yang lengkap mengenai santafean.Disini juga ada event apa ajh yang akan di selenggarakan.jadi cukup menarik sekali.


yang terakhir web:https://www.schwab.com/
Web paling bagus diantara yang lainnya karena bukan hanya informasi tapi perkrmbangan saham,indeks saham juga ada disini jadi sangatlah lengkap.

Jumat, 05 Maret 2010

AKAN TERJADI SESUATU YANG DAHSYAT N LUAR BIASA PADA THN 2012





Film fiksi ilmiah '2012' yang menceritakan tentang terjadinya badai matahari (flare) bukan isapan jempol belaka. Flare diperkirakan akan terjadi antara tahun 2012-2015. Namun, tak serta merta hal itu melenyapkan peradaban dunia.

"Lapan memperkirakan puncak aktivitas matahari akan terjadi antara 2012 hingga 2015. Pada puncak siklusnya, aktivitas matahari akan tinggi dan terjadi badai matahari," ujar Kabag Humas Lapan Elly Kuntjahyowati dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (4/3/2010).

Flare tersebut, imbuhnya, merupakan salah satu aktivitas matahari selain medan magnet, bintik matahari, lontaran massa korona, angin surya dan partikel energetik. Ledakan-ledakan matahari itu, bisa sampai ke bumi. Namun, flare yang diperkirakan akan terjadi itu tak akan langsung membuat dunia hancur.

"Masyarakat banyak yang menghubungkan antara badai matahari dengan isu kiamat 2012 dari ramalan Suku Maya. Ternyata dari hasil pengamatan Lapan, badai matahari tidak akan langsung menghancurkan peradaban dunia," imbuhnya.

Efek badai tersebut, lanjut dia, yang paling utama berdampak pada teknologi tinggi seperti satelit dan komunikasi radio. Satelit dapat kehilangan kendali dan komunikasi radio akan terputus.

"Efek lainnya, aktivitas matahari berkontribusi pada perubahan iklim. Ketika aktivitas matahari meningkat maka matahari akan memanas. Akibatnya suhu bumi meningkat dan iklim akan berubah," jelas Elly.

Partikel-partikel matahari yang menembus lapisan atmosfer bumi akan mempengaruhi cuaca dan iklim. Dampak ekstremnya, bisa menyebabkan kemarau panjang. Namun hal ini masih dikaji oleh para peneliti.

Lapan pun berniat mensosialisasikan dampak aktivitas matahari ini ke masyarakat. Sosialisasi Fenomena Cuaca Antariksa 2012-2015 pun akan digelar di Gedung Pasca Sarjana lantai 3, Universitas Udayana, Jl Jenderal Sudirman, Denpasar, Bali pada 9 Maret 2010 pukul 11.00 Wita.



Sumber...Yahoo!!

For_Indonesia

Kamis, 04 Maret 2010

ANALISIS TUGAS


Definisi dari analisis tugas merupakan suatu proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas dengan dapat mempertanggung jawabkan atas pekerjaanya, dapat menjelaskan apa saja yang dilakukan serta peralatan-peralatan yang digunakan, serta hal-hal yang perlu diketahui dalam suatu analisis.Analisis tugas memiliki ruang lingkup yang luas. Selain meliputi tugas-tugas yang melibatkan penggunaan komputer, analisis tugas juga memodelkan aspek-aspek dunia nyata baik yang menjadi bagian maupun tidak dalam system komputer. Misalnya, jika dilakukan analisis tugas terhadap pekerjaan pengolah kata (word processing)
Ada beberapa sumber informasi yang dapat diper gunakan untuk membuat analisis tugas antara lain:
a.Dokumentasi
b.Observasi
c.Analisis Awal
d.Pengurutan dan Klasifikasi

Pada tahun 2035, detektif Del Spooner (Will Smith) adalah sesuatu yang menyesuaikan diri. Dia memakai pakaian retro (termasuk vintage 2004 pelatih), dia suka menyetir mobil futuristik secara manual, dan ia memiliki ketidakpercayaan mendalam robot - meskipun semua robot yang tertanam dengan satu set dari tiga undang-undang mencegah mereka dari menyebabkan, atau bahkan mengizinkan, manusia untuk datang untuk menyakiti.

Sama seperti perusahaan besar US Robotics meluncurkan robot model baru ke pasar massal, Del dipanggil untuk menyelidiki jelas bunuh diri dari salah satu pendiri perusahaan ilmuwan, Dr Alfred Lanning (James Cromwell), yang telah menciptakan tiga undang-undang. Dibantu oleh roboticist Dr Susan Calvin (Bridget Moynahan), Del mengikuti jejak remah roti menuju Sonny (Alan Tudyk), yang unik dan unik temperamental robot dengan krisis identitas, tujuan yang tidak diketahui, dan kepala penuh dengan impian (dan kita mimpi tidak berbicara listrik domba). Seperti Del datang di bawah serangan meningkat dari robot yang seharusnya untuk melindungi dirinya, menjadi jelas bahwa Sonny memegang kunci keselamatan - atau kerusakan - umat manusia.

Memulai hidup sebagai sebuah naskah oleh Jeff Vintar berjudul 'Hardwired', 'I, Robot' itu kemudian ditulis ulang oleh Akiva Goldsman ( 'A Beautiful Mind ") yang disesuaikan judul film, prinsip dari tiga hukum robotika, dan karakter Alfred Lanning dan (yang lebih muda) Susan Calvin, dari Isaac Asimov's ground-breaking kumpulan cerita pendek. Seperti Minority Report, hotel ini memiliki tak terduga namun logis kelemahan dalam suatu sistem sempurna tampaknya masa depan (dan segerombolan kilas balik hubungannya dengan tenggelam); seperti 'Blade Runner', itu menggali titik di mana perbedaan antara manusia dan android mulai untuk memecah dan seperti baik yang film, fiksi ilmiah yang dibungkus dalam sebuah alur cerita detektif lezat penuh bergerak cepat mengejar dan mati-tindakan keras. Namun apa yang membuat 'I, Robot' menonjol adalah visi masa depan yang, untuk semua metaforis kegelapan, akan menyala untuk melihat terang mengherankan - meskipun film ini disutradarai oleh Alex Proyas, yang sebelumnya membawa kami gothic pemandangan sombre 'The Crow' dan 'Dark City'. Apakah ringan ini menetapkan nada yang tepat akan tergantung pada selera penonton - tapi itu tidak membuatnya lebih mudah untuk melihat desain luar biasa pekerjaan yang telah pergi ke Chicago tanpa pohon Cityscape masa depan.

Untuk sebuah film yang lubang-lubang manusia melawan mesin, 'I, Robot' pemogokan keseimbangan yang baik antara komputer amazingly generated imagery ekspresif yang digunakan untuk menciptakan robot yang legiun, dan semua manusia juga kehadiran Will Smith yang khas pengiriman sok bijaksana membuat segalanya membumi. Plot hanya masuk akal asalkan Anda tidak berpikir tentang hal ini terlalu keras, tetapi sebagai orang-pleaser musim panas dengan ujung-of-your-kursi mondar-mandir dan spektakuler stunts, 'I, Robot' akan sulit dikalahkan.



komentar saya....
film ini film yang bagus n layak di tonto,karena di film ini akn ada teknologi2 canggih yg di munculkan.Ini pas bgt buat mahasiswa spt saya utk menambah inspirasi dlm membuat suatu teknologi yg bermanfaat berikutnya.Daripada nonton film2 horor yg berbau sex mending nonton ini.Lebih bermanfaat dan brguna.

PRINSIP_USABILITY

Prinsip Usability adalah prinsip penggunaan dari sebuah sisitem oleh sisitem lain yang lebih kompleks.

Prinsip Usability di bagi beberapa bagian antara lain:
• Human Ability
• Human Capabilities
• Memori
• Proses
• Observations
• Problem Solving

A.HUMAN ABILITIES
BAIK
- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi
- Mekanisme konsentrasi powerful
- Pengenalan pola pikir powerful
BURUK
- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat

B.HUMAN CAPABILITIES
Faktor manusia ini harus diperhatikan, karena dari sinilah desain yang
lebih baik didapatkan.
User perlu mengetahui hal-hal berikut dalam merancang :
-Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba)
-Proses informasi
-Sistem Motor
PENGLIHATAN / INDRA MATA (VISION)

Konsep penglihatan terdiri dari dua tahap :
* Penerimaan stimulus dari luar secara fisik
* Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut
a. Kemampuan Penglihatan
• Sensivitas
Luminance : jumlah cahaya yang dipantulkan oleh permukaan
objek, dengan ukuran 10-6 – 107 mL
• Ketajaman
- Visual acuity : kemampuan manusia melihat objek secara detail
- Sudut pandang (visual angle) : besarnya ruang pandang yang
digunakan objek → derajat (degree) / minutes of arc →
1 derajat = 60 minutes of arc
• Pergerakan
- Pola visual dari kata direkam → di-dekoding menurut
representasi bahasa → pemrosesan bahasa meliputi analisis
sintaks dan semantik terhadap frase dan kalimat
- Mata bergerak terhadap teks → regression
• Kemampuan membaca akan berkurang atau menurun karena usia.
b. Warna
• Warna dikaitkan dengan hue, intensitas, dan saturation
• Hue → panjang gelombang spektrum cahaya
• Intensitas → brightness dari warna
• Saturation → jumlah / kadar putih (whiteness) dalam warna
• Masalah persepsi warna pada cones (sel pada selaput retina
yang sensitif terhadap warna) dan ganglion (simpul syaraf)
• 380 (blue) ~ 770nm (red)
• Radiasi dalam spektrum (panjang gelombang cahaya) adalah
400 – 700 nm

PENDENGARAN (HEARING)
• Sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk
mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.
• Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan
memperkirakan kemana objek tersebut akan berpindah

Pemrosesan suara
• Suara memiliki beberapa karakteristik, yaitu :
- Pitch : frekuensi suara (20 – 20.000 HZ)
- Loudness : amplitudo suara (30 – 100dB)
- Timbre : tipe atau jenis suara
• Sistem auditory melakukan filtering suara → kita mengabaikan
suara background dan berkonsentrasi pada informasi yang penting
PERABA (TOUCH)
• Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis
sensor penerima (sensory receptor), yaitu :
Thermoceptor → merespon panas / dingin
Nociceptor → merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit
Mechanoceptor → merespon pada tekanan
IMK
• Keyboard bisa dikaitkan dengan posisi-posisi bentuk tombol, juga
pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau
malah terlalu ringan.
PROSES INFORMASI
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama :
1. Perseptual
- Menangani sensor dari luar
- Sebagai buffer untuk menampung masukkan yang diterima dari
indera manusia
- Diproses (diterima) untuk diteruskan ke otak (memori)
2. Kognitif : memproses hubungan keduanya
3. Sistem Motor : mengontrol aksi / respon (pergerakan, kecepatan,
kekuatan)

C.MEMORI
• Memori menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan
prosedural.
Atensi rehearsal
(Pengulangan)
Gambar 1.3. Model Struktur Memori Manusia
• Terdapat 4 tipe memori :
1. Perceptual Buffer (Memori Sensor)
- Terbatas kapasitasnya.
- Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat
diproses.
2. Short Term Memory (STM)
- Memori kerja menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam
waktu yang singkat / sementara pada saat kita sedang
melakukan pekerjaan.
- Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat
pula
- Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu
berdasarkan :
a. Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara
terurut.
b. Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.
Untuk mengukur berdasarkan metode yang pertama :
0 7 1 6 7 6 9 1 5 3
G.A. Miller : 7 +/- 2 ( dari 5 hingga 9) digit
0 7 1 - 6 7 6 - 9 1 5 3 telepon
(area) (distrik) (nomor)
Long Term
Memory
(LTM)
Short Term
Memory (STM) or
Working Memory
Memori sensor
Iconic
Echoic
haptic

Kelompok-kelompok digit = Chunk
HEC ATR ANU PTH ETR EET – sekumpulan chunk
Informasinya : dengan memindah karakter akhir ke posisi
awal, urutan tersebut akan mudah direcall.
THE CAT RAN UPT HET REE → THE CAT RAN UP
TE TREE
􀂾 Bentuk yang sukses dari chunk dikenal dengan CLOSURE.
Proses ini digeneralisasi ke penyelesaian tugas yang ada di
STM. Jika subjek gagal untuk melakukan atau ada interferensi
maka subjek akan kehilangan jejak dari apa yang telah
dikerjakannya dan terjadi kesalahan.
Untuk mengukur kemampuan untuk mengingat item secara
acak → lebih mudah mengingat item yang baru ( recency effect)
3. Intermediate
Menyimpan untuk ke LTM
4. Long Term Memory (LTM)
- Penyimpanan utama untuk informasi faktual, pengetahuan
berdasarkan eksperimen / pengalaman, aturan-aturan
prosedur, tingkah laku, dsb.
- Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat,
serta proses hilangnya informasi lebih lambat.
Terdapat dua jenis LTM :
a. Memori Episodik : menyimpan “data” kejadian atau
pengalaman dam bentuk serial menurut waktu.
b. Memori Semantik : menyimpan record-record fakta, konsep,
keahliaan (skills) serta informasi lain yang diperoleh selama
hidup dengan terstruktur.
Pemrosesan Memori Jangka Panjang
• Aktivitas :
- Menyimpan atau mengingat informasi
- Menghilangkan atau melupakan informasi
- Memanggil kembali informasi

• Tersimpan karena pengulangan (rehearsal)
• Ebbinghaus → jumlah yang dipelajari berbanding lurus dengan
waktu mempelajarinya = total time hypothesis
• Proses melupakan informasi : decay → karena sudah lama
berada di LTM sehingga lambat laun akan terlupakan +
interference → karena adanya informasi baru yang lama
terlupakan.
• Proses memanggil kembali informasi : recall → memanggil
kembali secara langsung informasi + recognition →
presentasi sejumlah pengetahuan (knowledge) yang terkait
sebagai petunjuk.
PENYELESAIAN MASALAH
• Setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan
• Penalaran (Reasoning) : proses pengambilan kesimpulan mengenai
sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki oleh
manusia.
Reasoning terdiri dari : Deduktif
- Menarik kesimpulan secara logika dari premis yang diberikan
- Jika A, maka B
- Sangat buruk untuk mengkonfirmasikan validitas dan
kebenaran

Induktif
- Men-generalisasi dari kasus sebelumnya untuk belajar tentang
hal baru
- Meskipun induksi mungkin tidak dapat diandalkan namun
merupakan proses yang berguna
- Induksi mengakibatkan manusia senantiasa belajar mengenai
lingkungan
Abduktif
- Penalaran dari sebuah fakta ke aksi atau kondisi yang
mengakibatkan fakta tersebut terjadi
- Metode ini digunakan untuk menjelaskan event yang kita amati
- Mungkin tidak dapat diandalkan, namun manusia seringkali
menerangkan sesuatu hal dengan cara seperti ini, dan
mempertahankan hingga ada bukti lain yang mendukung
penjelasan atau teori alternatif